Template by:
Free Blog Templates

Jumat, 13 Januari 2012

Gambar TKK Dan TKU Beserta Penjelasannya :

 Bentuk Ukuran Serta Tingkatan TKK Pada Siaga Hanya 1 , Penggalang 3 Tingkatan, Penegak/Pandega 3 Tingkatan :
- Tingkatan Pertama : Purwa ( Lingkaran )
- Tingkatan Kedua : Madya ( Persegi )
- Tingkatan Ketiga : Utama ( Segi Lima )
 10 TKK Wajib Penggalang :
1) P3K
2) Pengatur Rumah
3) Pengamat
4) Juru Masak
5) Berkemah
6) Penabung
7) Penjahit
8) Juru Kebun
9) Pengaman Kampung
10) Gerak Jalan
Semua Itu Dapat Di Peroleh Jika Kita Melaksanakan atau mengerjakan buku SKK ( Syarat Kecakapan Khusus ) Maka Kita Akan Bisa Mendapatkan TKK (Tanda Kecakapan Khusus) Di Atas Hanyalah 10 TKK Wajib Masih Banyak TKK Lainnya Yang Harus DiPeroleh Seperti Muadzin, Qori, Perangko,  DLL



Tanda Kecakapan Umum Penggalang :
Satu Tingkatan Adalah Ramu, Dua Tingkatan Adalah Rakit, Tingkatan Terakhir Adalah Terap Itu Semua Dapat Di Peroleh Jika Kita Mengerjakan atau Melaksanakan Tugas di Buku SKU (syarat Kecakapan Umum) Maka Kita Bisa Mendapatkan TKU (Tanda Kecakapan umum) Seperti Di Samping Kiri..








.Keterangan Gambar Di Samping Persis Dengan Di Atas Cara Perolehannya Juga Sama, Namun Nama nya Berbeda Ini Adalah Tingkatan Untuk Siaga : Satu Tingkatan Mula, Dua Tingkatan Bantu, Tiga Tingkatan Tata,









Penjelasan Arti :
Siaga :
  • Kelopak bunga kelapa yang mulai merengkah, menggambarkan pertumbuhan tanaman, mengibaratkan pramuka siaga yang sedang tumbuh menjadi tunas calon bangsa.
  • Kelopak bunga diletakkan miring, menggambarkan bunga kelapa yang selalu memperlihatkan sudut miring terhadap batang pohonnya, mengibaratkan pramuka siaga dengan keluarga dan orang tua.
Penggalang :
  • Mayang terurai bertangkai tiga buah, menggambarkan bunga yang sudah mulai berkembang, indah dan menarik, mengibaratkan pramuka penggalang yang riang, licah dan bersikap menarik, sebagi calon tunas bangsa yang sedang berkembang, dengan jiwa pramuka yang berlandaskan pada trisatya.
  • Mayang terurai mekar kesamping, mengibaratkan makin terbukanya pandangan pramuka penggalang dan menerima pengaruh yang baik dari  lingkungan sekitarnya.
 Arti Warna TKU
  • Hijau Siaga melambangkan kesegaran hidup yang sedang tumbuh.
  • Merah Penggalang melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yang sedang berkembang.

2 komentar:

Yana M mengatakan...

Kak boleh kita sharing tentang pramuka ,,,,?

Unknown mengatakan...

keren kak wa

terbaik kali lah kakak

Posting Komentar